engine fuel system adalah sistem dalam engine pesawat dimana fuel tersuplai dalam combustion chamber
§ENGINE FUEL SYSTEM (high
pressure fuel system)
PERSYARATAN FUEL :
1. memiliki nilai kalor yang tinggi.
2. dapat dipompa.
3. memiliki karaktrstik pelumas.
4. tidak ada kerugian.
5. rendah resiko kebakaran
2. dapat dipompa.
3. memiliki karaktrstik pelumas.
4. tidak ada kerugian.
5. rendah resiko kebakaran
§Tank Contruction :
Front Spar
Rear Spar
Rib
Upper Skin
Lower Skin
§Fueling
Port : * Overwing Fueling
Port L/H & R/H
Untuk Manual Refueling,Pengisian
Fuel Dari Atas Wing.
* Fueling Station (
R/H Wing ) :
Refueling ,
Defueling,
Transfer Fuel.
Defueling
: Membuang Fuel.
§Booster Pump : Memompa Fuel Agar lebih Cepat Menuju Ke System & Mencegah Air Buble
§Engine Driven Pump ( EDP ) Fuel Pump : Menghisap Fuel Dari Tangki Apabila Both Booster Pump Fail
§Cross Feed : Balance Fuel , Mengarahkan Fuel Dari Tank Ke Engine.
§Check Valve : Mencegah Transfer Fuel Antara Tank To Tank
§APU ( Auxialary Power Unit ) Normalnya Dari Tank No1 /Kiri.
§Fuel Quantity Indicator :
§Max Fueling Pressure : 55psi
§Pada Saat Refueling Lampu Biru Menyala Berarti Sedang Mengisi
§Apabila Lampu Biru Mati Tangki Sudah Penuh sesuai keinginan.
§Float Switch : Indikasi fuel penuh, memutuskan power pada fueling valve Hingga lampu biru mati.
§Engine Driven Pump ( EDP ) Fuel Pump : Menghisap Fuel Dari Tangki Apabila Both Booster Pump Fail
§Cross Feed : Balance Fuel , Mengarahkan Fuel Dari Tank Ke Engine.
§Check Valve : Mencegah Transfer Fuel Antara Tank To Tank
§APU ( Auxialary Power Unit ) Normalnya Dari Tank No1 /Kiri.
§Fuel Quantity Indicator :
§Max Fueling Pressure : 55psi
§Pada Saat Refueling Lampu Biru Menyala Berarti Sedang Mengisi
§Apabila Lampu Biru Mati Tangki Sudah Penuh sesuai keinginan.
§Float Switch : Indikasi fuel penuh, memutuskan power pada fueling valve Hingga lampu biru mati.
§Fuel Pump : adalah berfungsi sebagai pemompa fuel dari tank menuju engine dalam proses pembakaran, jenis dari fuelpump adalah
- Impeller Type : Putaran kecil
- Gear Type : Putaran Besar.
§Fuel Heater : adalah sebagai pemanas fuel supaya fuel mempunyai daya bakar yang baik, karna dalam proses pembakaran fuel harus dalam keadaan panas
§Fuel Filter : adalah sebagai penyaring fuel yang kotor supaya kualitas fuel bagus dan tidak ada kotoran yang masuk
§FCU ( Fuel Control Unit )
:adalah berisi control-control unit dari fuel atau indikator dan kendali fuel
§Fuel Nozzle : - Simplex
- Lubblock
- Duplex : Yang Banyak Digunakan
- Spill
- Spay
Syarat-syarat fuel nozzle
a.Tidak mudah mampet / macet
b.Tahan lama
c.Mudah dan murah dalam pemeliharaan
d.Tahan terhadap panas yang berlebihan
-Mengukur Fuel Quantity :
* Capasitance Type : Indicator
* Manual Measuring : Stick / Dripstick
Dripstick Masing Tank Ada 5ea
Tapi Di Center Tank Tidak Ada Dripstick.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar